Tes Formatif 3 Hal 30 Teknik Animasi 2D
Sebutkan 12 Prinsip – prinsip Animasi
12 Prinsip Animasi terdiri dari squash and stretch, anticipation, Staging, Straight Ahead And Pose to Pose, Follow Through And Overlapping Action, Slow In And Slow Out, Archs, Secondary Action, Timing, Solid Drawing, Appeal, Exageration yang digunakan sebagai pedoman untuk membuat animasi yang hidup.
Jelaskan yang dimaksud dengan Squash and Stretch
squash and stretch adalah prinsip yang memberikan kesan berat , volume, dan fleksibilitas pada objek yang dianimasikan. Ini paling baik dijelaskan dengan bola yang memantul, yang tampak meregang saat jatuh dan terjepit saat menyentuh tanah. Bahkan sedikit melebih-lebihkan pada pemendekan dan pelebaran objek animasi akan memberikan kesan realistis.
Jelaskan yang dimaksud dengan Anticipation
Anticipation adalah prinsip digunakan untuk mempersiapkan penonton untuk suatu tindakan seperti persiapan/awalan gerak atau ancang ancang untuk membuat tindakan tersebut tampak lebih realistis.
Jelaskan yang dimaksud dengan Staging
Dalam Staging seluruh pose dan aksi, pengaturan kamera, latar belakang dan elemen panggung harus dengan jelas menunjukkan keadaan karakter, reaksi sikap karakter terhadap sebuah cerita dan kesinambungan alur cerita.
Jelaskan yang dimaksud dengan Straight Ahead And Pose to Pose
Straight Ahead adalah proses/teknik menggambar secara bertahap frame/ bingkai demi frame dari awal hingga akhir. Teknik straight ahead menghasilkan gerakan yang lancar dan realistis. Intinya Teknik straight ahead adalah teknik menggambar dari awal hingga akhir.
Teknik pose to pose adalah teknik menggambar bingkai/frame awal, frame akhir, dan beberapa frame utama di antaranya. Kemudian menyelesaikan frame sisa di antara frame utama. Singkatnya pose to pose adalah teknik menggambar beberapa pose utama/pose kunci lalu dilanjutkan dengan menggambar frame transisi diantara pose pose utama/kunci. Teknik pose to pose memiliki waktu pengerjaan yang relatif cepat dan sedikit lebih banyak kendali di dalam pemandangan dan memungkinkan Anda meningkatkan efek dramatis dari gerakan.
Jelaskan yang dimaksud dengan Follow Through And Overlapping Action
Prinsip follow through menyatakan bahwa ketika karakter sedang beraksi dan berhenti, tidak ada yang berhenti sekaligus. Jadi ketika karakter sedang berlari dan berhenti, tubuh utamanya akan berhenti, tetapi bagian lain dari tubuh mereka akan terus bergerak setelahnya. Prinsip Overlapping Action adalah adalah gagasan bahwa bagian tubuh yang berbeda akan bergerak dengan kecepatan yang berbeda. Jadi jika berjalan, lengan akan bergerak dengan kecepatan yang berbeda dari kecepatan kepala.
Apa yang dimaksud dengan Slow In And Slow Out
Slow in dan slow out adalah prinsip animasi yang dirancang untuk menambahkan realisme pada pergerakan karakter. Saat karakter melakukan tindakan, animator akan menggambar lebih banyak bingkai di awal tindakan, lebih sedikit bingkai di tengah, dan lebih banyak bingkai lagi di akhir tindakan untuk menciptakan efek lambat / lambat ini di awal dan akhir adegan (lambat-cepat-lambat).
Tes Formatif 4 Hal 43 Teknik Animasi 2D
Jelaskan yang dimaksud dengan Archs
Archs adalah prinsip animasi bahwa hampir semua tindakan dalam kehidupan memiliki gerakan /pola yang agak melingkar/lengkung mengikuti bentuk melingkar (lingkaran, oval, parabola dan kurva dan busur). Contohnya Ketika kepala menoleh atau lengan bergerak, jarang sekali ia didorong masuk dan keluar lurus.
Jelaskan yang dimaksud dengan Secondary Action
Secondary Action adalah tindakan tambahan yang memperkuat dan menambahkan lebih banyak dimensi ke tindakan utama sehingga memperkuat tindakan utama.
- mendorong mobil (aksi utama) dan pada saat yang sama melepaskan lalat dari hidung (aksi sekunder),
- menyiapkan makanan dan pada saat yang sama menonton TV,
- berbicara satu sama lain dan pada saat yang sama menggaruk-garuk kepala.
Jelaskan yang dimaksud dengan Timing
Pengaturan waktu membantu menciptakan ilusi bahwa suatu tindakan mematuhi hukum fisika. Dengan menyesuaikan waktu suatu adegan, animator dapat membuat adegan tersebut terlihat lebih lambat dan halus (dengan lebih banyak frame) atau lebih cepat dan lebih tajam (dengan lebih sedikit frame).
Jelaskan yang dimaksud dengan Appeal
Karakter, objek, dan dunia tempat mereka tinggal perlu menarik perhatian penonton. Ini termasuk memiliki desain yang mudah dibaca, gambar yang solid, dan kepribadian. Tidak ada rumus untuk melakukannya dengan benar, tetapi dimulai dengan pengembangan karakter yang kuat dan kemampuan untuk menceritakan kisah cerita melalui seni animasi.
Jelaskan yang dimaksud dengan Exageration
Exageration adalah tentang melebih-lebihkan atau hiperbolis gerakan tertentu dengan cara yang membantu membangkitkan suatu poin, namun tidak merusak pemandangan yang dapat dipercaya yang bertujuan untuk mendramatisir animasi.
Animasi tidak terbatas dan memungkinkan menampilkan hal-hal yang kita ingin tunjukkan berbeda dari kenyataan. Dengan cara berlebihan, kita dapat mencapai ekspresi, presisi, pose dan gerakan yang lebih dinamis. Tidak hanya garis utama karakter yang dapat dilebih-lebihkan, tetapi juga ciri-ciri pribadinya, perilakunya, kondisinya, gerakannya, dll.
Jelaskan yang dimaksud dengan Solid Drawing
Prinsip ini mendorong animator untuk memperhatikan fakta bahwa meskipun bentuk dapat disajikan dalam 2D (flat/datar), animator harus berusaha untuk membuat animasi terlihat 3D (bervolume) dan konsisten. Solid Drawing bukan tentang menggambar realistik tetapi lebih mengarah membuat kesan 3D (bervolume) sehingga memiliki kesan panjang, lebar dan tinggi.
0 comments:
Post a Comment